BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Latar
belakang dari kegiatan kunjungan ini adalah, sebagai berikut :
1.
Untuk membuat sebuah laporan
kegiatan kunjungan ke Pontianak.
2.
Untuk mencari pengalaman di
Pontianak.
3.
Untuk menambah wawasan yang
lebih luas.
1.2.
Tujuan
Tujuan
dari kegiatan kunjungan ini adalah agar kami dapat mengetahui sejarah
berdirinya perusahaan PT.Indofood Sukses Makmur Pontianak, tujuan didirikannya
perusahaan, dasar hukum berdirinya perusahaan, sarana dan prasarana penunjang
perusahaan serta pertimbangan memilih usaha dan kami juga ingin mengetahui
bagaimana kegiatan produksi yang dilakukan, seperti jenis produknya , mesin
produksi, proses produksi, dan proses pengemasannya serta metode pergudangan
dan kami juga ingin mengetahui kegiatan pemasarannya seperti proses distribusi
luas wilayah pemasaran dan promosi yang dilakukan .
1.3.
Manfaat
Manfaat
kegiatan kunjungan ini adalah sebagai sumber
pengetahuan tambahan bagi kami tentang sejarah berdirinya perusahaan PT. Indofood Sukses
Makmur Pontianak, tujuan didirikannya perusahaan, dasar hukum berdirinya
perusahaan, sarana dan prasarana penunjang perusahaan serta pertimbangan
memilih usaha.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk,
Pontianak merupakan salah satu cabang dari perusahaan PT. Indofood yang berpusat di Ancol tepatnya di jalan Jendral Sudirman ,
perusahaan pusatnya berdiri di sekitar tahun 80-an didirikan oleh Lim Shaw
Liong.
Cabang PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Pontianak didirikan
pada tahun 1996 dijalan Raya Walok Hulu, Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak.
Tujuan didirikan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Pontianak:
· Karena adanya permintaan pasar yang cukup
tinggi
· Karena permintaanyang sangat banyak dari
konsumen
Dasar hukum pendirian perusahaan adalah
berdasarkan pada PMDN ( Penanaman Modal Dalam Negeri)
Sarana dan prasarana penunjang kegiatan
perusahaan seperti intrastruktur, surat izin, lokasi , dan sebagainya.
Pertimbangan memilih usaha :
· Tempat yang strategis
· Sarana dan prasarananya banyak/lengkap
· Adanya Sumber Daya Manusia
(SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup
2.2. Struktur Organisasi Perusahaan
Bangan struktur
organisasi perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Pontianak
BAB III
AKTIVITAS
PERUSAHAAN
3.1.
Proses
Produksi
- Jenis produk yang diproduksi PT.Indofood Sukses Makmur tbk, Pontianak: Indomie, Supermie, Sarimie, Sakura
- Bahan baku dan bahan penolong yang digunakan :
tepung
terigu, air, bahan tambah pangan dan proses pengadaan adalah pengukusan
→pemotongan dan pelipatan mie → penggorengan / pengeringan mie ( 1500
celcius)→pendinginan→pengepakan produk dan hingga menjadi barang jadi.
- Mesin Produksi
-
Dougt
sheet combining machine roller : mengatur ketebaran adonan mie
-
Continuous
press roller : mengatur ketebalan dari lembaran adonan yang akan dibentuk
menjadi mie
-
Trans
port : sarana untuk mengangkut hasil pemotongan
-
Mesin
srew, mesin mixer, mesin press , mesin sutter, mesin steamer, mesin fryer,
mesin cooding, mesin packaging
- Proses produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi :
|
|
|
- Proses pengemasan dan pengepakan mie instan yang telah digoreng dikeluarkan kemudiaan didinginkan dan dikemas ditambah dengan bumbu, minyak, cabe, dan kecap manis kemudiaan dikemas menggunakan mesin packing ( mesin pengemasan)
- Metode Pergudangan
|
-
fifo sistem, pengendalian hama
|
menggunakan penutup dan pelindung yang tidak tercampur
Display
produk, kadaluarsa produk
3.2. Sistem Pemasaran
- Proses penetapan harga PT.Indofood Sukses Makmur tbk, Pontianak
-
sesuai
dengan kebijakan pemerintah
-
disesuaikan
dengan kenaikan harga pasar
- proses produksi
dari pabrik →indomark→stock point
- luas wilayah pemasaran dikal-bar mencakup seluruh wilayah kabar misalnya kota Singkawang dan pemasarannya juga di Serawak, Malaysia .
- metode promosi yang digunakan
promosi
dilakukan oleh kantor pusat dan kantor cabang:
-
go to
school
-
lewat
media massa, seperti iklan, brosur, dan spanduk
promosi yang dilakukan dengan
memberitahukan kualitas, kelebihan, dan keistimewaan produk dan metode promosi
yang dilakukan PT.Indofood Sukses Makmur tbk, Pontianak :
marketing→sales→distributor
BAB IV
PENUTUP
4.1.
Kesimpulan
Program kunjungan ke PT.Indofood Sukses Makmur berlangsung dengan baik berkat kerjasama yang baik antara siswa
dengan guru pembimbing.
4.2.
Saran
Kami menyarankan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dapat melanjutkan kunjungan kedunia industri terus
menerus agar kami sebagai murid dapat mengetahui bagaimana proses produksi
setiap dunia usaha dan industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar